Jogja Wisata Tour Management. Diberdayakan oleh Blogger.

Air Terjun Sri Gethuk


Paket Wisata Jogja ~ Saat anda berada di Jogja, tentunya akan sangat disayangkan apabila anda tidak menyempatkan diri untuk mengunjungi wisata alam di Gunung Kidul. Mungkin bukan suatu nama yang sering kita dengar di telinga kita. Namun memang pada kenyataannya di kabupaten ini banyak sekali tempat-tempat eksotis yang masih alami yang dapat kita temukan. Diantara tempat-tempat wisata yang (kalau boleh dibilang) masih 'perawan' itu adalah Air Terjun Sri Gethuk, Sungai Oyo, Kali Suci, Goa Pindul, Goa Jomblang, Goa Rancang Kencono, Pantai Ngobaran, Pantai Nguyahan, Pantai Indrayanti, Pantai Siung, dan beberapa tempat lain yang jumlahnya puluhan. Paket Wisata Jogja

Air Terjun Sri Gethuk merupakan bagian dari aliran Sungai Oyo yang berada di Kecamatan Playen, Gn.Kidul. Mata air kecil yang muncul dari Goa Rancang Kencono ini mengalir deras ke Sungai Oyo, sungai yang membelah perbukitan sehingga di kanan-kiri sungai yang tampak hanya tebing-tebing tinggi. Suburnya tumbuhan yang ada di sekitar sungai ini seakan makin mengukuhkan kalau Air Terjun Sri Gethuk itu Grand Canyon-nya Gunung Kidul.

Di Sri Gethuk, anda bersama teman-teman akan bisa merasakan sensasi yang berbeda ketika tepat berada di bawah air terjun. Derasnya air yang jatuh ke bawah disertai besarnya bongkahan batu-batuan besar seakan membius anda dalam nuansa alam dan membawa anda sejenak melupakan permasalahan dari tempat anda bekerja. Sedikit turun ke bawah, anda akan disuguhi indahnya batuan karst berlapis yang dialiri air dari atas. Batuan  inilah yang sangat elok dipandang, karena merupakan batuan karst yang berlapis-lapis sehingga terkesan sudah ada sejak zaman purba. Paket Wisata Jogja

Bagi anda yang ingin bermain air ataupun berenang di Sri Gethuk, pengelola sudah menyiapkan jaket pelampung dan ban sebagai alat pengaman bagi pengunjung. Dengan peralatan itu, anda sudah bisa bermain di air dengan kedalaman sampai dengan 5 meter sepuasnya. Namun yang perlu diwaspadai adalah jika arusnya sedang deras, sebaiknya jangan berenang.

Bagi anda yang tertarik untuk menikmati indahnya objek wisata Sri Gethuk, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau bagi pengunjung dari luar Jogja dapat menggunakan jasa transportasi dari Jogja Wisata. Objek wisata ini letaknya lumayan jauh masuk ke dalam perkampungan, sekitar 7 km dari jalan raya. Namun anda tidak perlu khawatir, karena penunjuk arah telah tersedia di sepanjang jalan menuju air terjun ini. 

Setelah sampai ditepian sungai, anda dapat menggunakan jasa pengelola untuk mengantarkan anda ke air terjun dengan menggunakan rakit. Tidak lebih dari 10 menit anda akan sampai di Grand Canyon Gunung Kidul alias Air Terjun Sri Gethuk Jogja. Soal kembali anda tidak perlu khawatir, karena jasa rakit sudah termasuk antar-jemput ke tempat semula. (Fajar Mulyana)









Tidak ada komentar: