Jogja Wisata Tour Management. Diberdayakan oleh Blogger.

Petualangan Ekstrim Goa Sioyot

Saat anda tiba di Jogja dan sangat ingin menikmati serunya wisata jelajah, salah satu wahana yang ada di Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Gunung Kidul ini mungkin akan menjawab tantangan anda. Di desa yang terletak di utara Kota Wonosari ini ternyata menyimpan sejuta potensi wisata alam yang tiada nilainya, salah satunya Petualangan Ekstrim Goa Sioyot. 


Goa Sioyot merupakan goa yang masih alami dan masih banyak stalagmit dan stalagtit yang masih aktif, bahkan hingga ribuan jumlahnya. Goa ini dialiri air walaupun tidak dalam, paling dalam hanya setinggi dada orang dewasa. 


Untuk mulai menyusuri goa ini haruslah dengan jalan kaki dari sekretariat menuju lokasi goa. Sesampainya dilokasi, anda akan dipandu untuk masuk ke dalam goa. Memasuki goa ini mula-mula harus dengan merangkak terlebih dahulu karena pintu masuknya lumayan sempit dan rendah, jadi tidak bisa dengan berdiri, namun inilah salah satu tantangannya yang akan membuat anda berpikir dua kali sebelum masuk ke dalam.


Setelah anda masuk, anda akan mendapati permukaan goa yang sebagian berair dan sebagian lagi kering karena perbedaan tinggi permukaan goa. Selain tantangan posisi jalan yang terkadang harus merangkak, membungkuk, dan berdiri, kita juga ditantang untuk masuk ke dalam air dan melewatinya, lumayan untuk membasahi baju sampai ke dada. 


Namun ketika anda sudah berada di dalam goa, anda akan merasakan sensasi yang luar biasa. Anda akan menemukan betapa indahnya pemandangan di dalam perut bumi yang dipenuhi oleh ribuan stalagmit dan stalagtit aktif, yaitu; puting, jantan, tirai, soko guru, dan yang paling menakjubkan adalah anda akan mendengar suara gemuruh air terjun yang deras namun anda tidak akan dapat menemukan dimana air terjunnya. Horor bukan? 


Setelah anda berjalan sejauh 900 meter yang penuh tantangan dan menegangkan, anda akan diberi sedikit waktu untuk istirahat dan mungkin dapat anda gunakan untuk foto-foto bersama teman-teman.


Lanjut ke perjalanan berikutnya yaitu sejauh 500 meter, anda akan menemukan ruang yang cukup luas yang juga dipenuhi oleh ribuan stalagtit yang indah. Medan yang dilewati tidak terlalu berbeda dengan medan sebelumnya, hanya saja di bagian ini terdapat ruang yang cukup luas. 


Saat anda terhanyut dalam asyiknya menjelajah Goa Sioyot, tanpa sadar anda sudah berada di pintu keluar goa. Dan mungkin saja didalam hati anda akan berkata "Wow..keren sekali, tp kok cuma sebentar.."


Jadi tunggu apa lagi? Rencakan liburan anda ke Jogja sekarang juga!


Bagi anda yang ingin menikmati Petualangan Ekstrim Goa Sioyot, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun jasa tour agency yang ada di Kota Jogja karena belum ada akses kendaraan umum yang sampai ke tempat ini. Selain itu medan yang dilewati juga tergolong sulit. 

Tidak ada komentar: