Jogja Wisata Tour Management. Diberdayakan oleh Blogger.

Pesona Dibalik Benteng Vredeburg

Paket Wisata Jogja ~ Museum Benteng Vredeburg
Paket Wisata Jogja - Museum Benteng Vredeburg merupakan salah satu cagar budaya yang ada di kota Yogyakarta. Museum ini menyimpan beberapa pesona yang membuat para pengunjungnya tertarik untuk datang kembali. Museum Benteng Vredeburg  terletak ditengah-tengah kota Yogyakarta, yaitu di selatan Malioboro dan Benteng Vredeburg ini dikelilingi oleh gedung-gedung yang merupakan cagar budaya peninggalan masa penjajahan. Contohnya seperti Gedung Agung, Gedung Kantor Pos Indonesia, Gedung Bank BNI, Gedung Bank Indonesia dan Keraton Yogyakarta.  Benteng Vredeburg ini memiliki halaman yang sangat luas dan dipojok selatan halaman depan terdapat Monumen Serangan Umum 1 Maret.  Pemandangan muka dari Benteng Vredeburg yaitu bangunan atau benteng dengan ketinggian 5 meter dengan arsitektur khas Belanda yang berbentuk segi empat dan disetiap sudut benteng terdapat parit didepannya.
Setelah masuk kedalam benteng, diantara bangunan ada halaman yang digunakan sebagai taman serta di depannya berdiri dengan gagahnya patung pahlawan Indonesia yaitu patung Jenderal Soedirman dan patung Jenderal Oerip Soemohardjo serta patung replika meriam. Tidak hanya itu saja, dalam benteng ini juga terdapat sebuah cafe dan resto yaitu “Indische Koffie”.

Sebelum masuk dan melihat lebih lanjut mengenai koleksi museum, kita dapat menikmati keindahan di setiap sudutnya terlebih dahulu. Di mulai dari bagian selatan yaitu terdapat gedung di bagian barat yaitu Indische Koffie yang dulunya digunakan sebagai pusat administrasi. Dan di bagian atas, akan terlihat halaman benteng dari dalam dan parit yang ada di depannya. Dari atas anda juga dapat melihat bangunan megah yang mengelilinginya. Beralih ke arah timur ada bangunan bertingkat yang zaman dahulu digunakan sebagai gedung hiburan para tentara. Dan di bagian selatan terdapat sebuah pintu rahasia yang menembus ke daerah selatan benteng. Di gedung tersebut, zaman dahulu difungsikan sebagai gudang senjata. Serta di bagian paling timur terdapat pintu tumur Benteng Vredeburg.

Setelah melihat betapa indahnya luar dari Benteng Vredeburg ini, mari kita masuk kedalam museumnya. Jika sudah masuk kedalam museum, kita akan menemui dan dapat menikmati diorama-diorama dalam Benteng Vredeburg ini. Diorama-diorama ini memberikan suatu gambaran agar pengunjungnya itu mengetahui tentang bagaimana perjuangan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia atau biasa disingkat dengan NKRI dan masa-masa dimana Kota Yogyakarta mempertahankan kemerdekaan NKRI ini.

Dalam Diorama 1 berisikan tentang peristiwa-peristiwa sebelum kemerdekaan NKRI yaitu periode awal mula perjuangan para pahlawan Indonesia melawan penjajah dari Belanda sampai masa penjajahan Jepang. Di diorama 2 berisi tentang peristiwa heroik dalam mempertahankan kemerdekaan NKRI. Dan di gedung diorama 3 menunjukan peristiwa pada periode perjanjian Renville sampai dengan kedaulatan Republik Indonesia Serikat atau RIS dan perundingan-perundingan yang dilakukan setelah Indonesia mengakhiri genjatan senjata dengan Belanda. Sedangkan di diorama  4 berisi tentang NKRI sampai masa Orde Baru di Indonesia, khususnya Kota Yogyakarta.

Alamat Museum Benteng Vredeburg
Jalan Margomulyo (dulu Jl. A. Yani) no. 6 Yogyakarta 
Telepon: (0274) 586934  
Fax: (0274)510996 
Email: vrede_burg@yahoo.co.id 
Web: www.bentengvredeburg.or.id 

Benteng ini buka 
Senin - Juma'at: 08.00 - 15.30 WIB 
Sabtu – Minggu: 08.00 - 16.00 WIB 
Harga tiket: anak-anak: Rp. 1000 dewasa: Rp. 2.000 dan mancanegara: RP. 10.000

Maka dari itu perlunya cagar budaya ini terus dilestarikan oleh masyarakat Indonesia, khususnya Kota Yogyakarta. Tidak hanya harga tiketnya saja yang bisa dijangkau oleh semua kalangan, tetapi museum Benteng Vredeburg ini juga memberikan beberapa fasilitas seperti perpustakaan, ruang pertunjukan, ruang pertemuan (seminar & pelatihan), free hotspot, pemandu wisata juga ruang audio visual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar