Jogja Wisata Tour Management. Diberdayakan oleh Blogger.

Kalibiru, Alam Yang Membentang Luas Di Depan Mata


View dari gardu pandang di Kalibiru
Akhir pekan merupakan waktu yang tepat untuk melepas penat karena menumpuknya beban pekerjaan. Meluangkan waktu bersama keluarga atau kawan tercinta untuk mengunjungi tempat-tempat yang menarik dan alami, akan membantu menyegarkan pikiran kamu. 

Salah satu tempat alami yang kami rekomendasikan untuk dikunjungi bersama keluarga tau teman adalah Wisata Alam Hutan Kemasyarakatan Kalibiru atau lebih populer dengan 'Kalibiru' saja. Lokasinya berada di perbukitan Menoreh, Kulonprogo. Berjarak sekitar 40 KM dari pusat Kota Jogja. 

Meskipun berada pada ketinggian 450 mdpl, namun akses menuju ke tempat ini sudah baik, jalanannya beraspal mulus. Karena lokasinya yang lumayan tinggi, sepanjang perjalanan menuju puncak, kamu akan disajikan hawa sejuk dan pemandangan yang indah. 

Begitu kamu sampai di lokasi wisata alam ini, kamu akan disambut dengan ramah penduduk lokal. Sambutan dengan senyuman khas dari masyarakat desa. Namun bukan penduduk lokal saja yang akan menyambut kamu, bentangan alam yang masih alami dan hijau bakal melengkapi penyambutanmu di desa wisata ini. 

Menuju ke Gardu Pandang, kamu akan menempuh perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri jalan yang sudah di semen/cor. Namun setelah sampai di puncak, jangan kaget kalau kamu bakal terkagum-kagum oleh pesona alamnya yang membentang luas di depan mata. 

Alam yang membentang luas dan hijaunya hamparan pegunungan dapat dengan jelas kamu lihat di tempat ini. Beberapa gardu pandang juga telah tersedia untuk memudahkan kamu menikmati view-nya. 

Salah satu yang menarik adalah kamu dapat dengan jelas melihat Waduk Sermo dari ketinggian. Semua air yang tertampung di waduk itu serta segala pesonanya akan nampak lebih indah dilihat dari gardu pandang Kalibiru. 

Jika kamu ingin berlama-lama tinggal di Kalibiru, pengelola juga telah menyediakan cottage dan Joglo yang siap untuk di sewa. Soal pelayanan dan menu makanan, tidak perlu khawatir. Di Kalibiru ini menyediakan makanan-makanan yang tradisional khas Jawa, khususnya Kulonprogo.

Selain wisata alam dan penginapan, pengelola juga menawarkan paket outbound bagi kelompok besar. Permainan dan medan yang ditawarkan pun cukup menggoda. Jadi, wajar saja jika desa wisata ini semakin cepat berkembang dan mampu bersaing.