Jogja Wisata Tour Management. Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenal Bakpia Jogja

Paket Wisata Jogja - Sajian Bakpia Khas Jogja
Paket Wisata Jogja - Saat berkunjung ke Jogja, terasa hampa jika kita pulang tanpa membawa oleh-oleh khas Jogjakarta. Begitu banyak oleh-oleh yang khas di Kota Gudeg ini, diantaranya gudeg, yangko, kue kipo, dan bakpia. Khusus bakpia, ini adalah yang paling terkenal diantara makanan camilan dari Jogja. Ingat Jogja ya ingat bakpia. 

Sebenarnya apa sih bakpia itu? 

Bakpia merupakan makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dan gula yang dibungkus dengan tepung, memasaknya dengan cara di panggang/oven. Bakpia berasal dari negeri China yang diadopsi di Jogja. Awalnya bakpia berisi daging, namun seiring dengan berjalannya waktu dan berbagai inovasi yang dilakukan, isinya diganti dengan kacang hijau yang dicampuri dengan gula agar terasa lebih manis. 

Industri bakpia banyak di jumpai di Kampung Pathok, Jogja. Industri bakpia masih bersifat home industry, sehingga siapapun bisa membuatnya tanpa ada yang dirugikan, serta pasarnya masih terbuka lebar karena tidak dikuasai industri kapital. Munculnya merk bakpia yang berupa angka awalnya bermula dari nomor rumah. Hal itu untuk membedakan antara bakpia produksi satu rumah dengan rumah yang lainnya. 

Sampai saat ini, bakpia yang terkenal di Jogja sudah banyak sekali, diantaranya Bakpia 25, Bakpia 75, Bakpia Djava, Bakpia Mutiara, Bakpia Merlino, Bakpia Tugu, dan lain-lain. Masing-masing merk bakpia mempunyai kekhasan dan kelezatan tersendiri, sehingga para pelanggan yang membeli bakpia saat ke Jogja tetap setia dengan merk tertentu. 

Lalu, apa merk bakpia favorit kamu? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar