Jogja Wisata Tour Management. Diberdayakan oleh Blogger.

Menggali Potensi Wisata Kotagede

Kekayaan Wisata  Kotagede
Paket Wisata Jogja - Menjelajahi berbagai tempat wisata menarik di Jogjakarta memang tiada habisnya. Suguhan kekayaan wisata alam dan budaya tersaji luas dan tersebar di berbagai daerah di Jogjakarta. Salah satu tempat yang terkenal dengan wisata budaya, kerajinan perak, dan kulinernya adalah Kotagede. Paket Wisata Jogja

Kotagede berada di sisi selatan Kota Jogja, berbatasan langsung dengan Kabupaten Bantul. Kotagede merupakan bekas ibukota Kerajaan Mataram Islam yang akhirnya pindah ke Plered dan kemudian pindah ke lokasi keraton yang sekarang. Bekas-bekas Kerajaan Mataram masih terlihat di Kotagede, bahkan masih terjaga dengan baik sampai sekarang. Paket Wisata Jogja

Sisa-sisa reruntuhan Kerajaan Mataram itulah yang kini menjadi daya tarik Kotagede, selain kuliner tentunya. Jika anda berkeliling ke Kotagede, maka anda akan dengan mudah menjumpai berbagai potensi wisata yang ada di sana. Lebih serunya lagi, semuanya masih murah, bahkan gratis. Berikut kami uraikan beberapa potensi wisata yang dimiliki Kotagede.

Wisata Budaya
Wisata budaya adalah yang paling terkenal dari Kotagede. Kekayaan budaya ini kebanyakan adalah kekayaan fisik berupa bangunan. Bangunan-bangunan yang menunjukkan kekayaan budaya Kotagede antara lain: 
- Masjid Agung Kotagede, saat ini adalah masjid tertua di Jogja
- Pasar Kotagede, pusat kegiatan ekonomi masyarakat yang bertahan sampai sekarang
- Makam Kotagede, makam raja-raja pada masa awal berdirinya Kerajaan Mataram Islam
- Pemandian, letaknya disamping makam dan ada lele putihnya
- Rumah Joglo, rumah asli para penduduk yang masih terjaga sampai sekarang

Wisata Kuliner
Selain wisata budaya, Kotagede juga terkenal dengan wisata kulinernya. Ada beberapa tempat yang menjadi spot kuliner di Kotagede. Kotagede juga memiliki beberapa jenis makanan yang benar-benar aseli dari Kotagede. Beberapa jenis makanan dan tempat wisata kuliner di Kotagede antara laian: 
- Kue Kipo, adalah makanan khas dari Kotagede berbentuk bulat kecil berwarna hijau
- Yangko, makanan khas Kotagede yang kenyal dan tersaji dalam berbagai rasa 
- Wedang Ronde, wedang istimewa ini dapat dijumpai dipertigaan Kantor Pos Kotagede
- Wedang Kunir, dapat dijumpai ketika malam hari di halaman pasar Kotagede
- Coklat Monggo, cokelat aseli Jogja yang berproduksi di Kotagede
- Lapangan Karang, tempat untuk berburu kuliner di malam hari
- Sekar Kedhaton, restaurant dengan sajian istimewa sekelas raja
- Omah Dhuwur, restaurant dengan nuansa Jawa yang unik dan berkelas

Kerajinan Perak
Kotagede juga dikenal dengan sebutan kota perak. Hal itu karena di Kotagede mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai pengrajin perak. Jika anda menyempatkan diri berkeliling Kotagede, maka anda akan menjumpai toko-toko yang menjual berbagai macam kerajinan perak di sepanjan jalan menuju Pasar Kotagede. Jika anda masuk ke gang-gang kecil, maka anda akan menemui home industry pembuatan perak. Bahkan di Kotagede telah ada Kampung Wisata Basen, kampung yang menjual kerajinan perak sebagai daya tarik utamanya. 

Itulah sedikit ulasan tentang potensi wisata yang ada di Kotagede, Jogjakarta. Sempatkanlah berkunjung dan tinggal di Kotagede untuk beberapa hari agar dapat menikmati kekayaan budaya dan kuliner yang dimiliki Kotagede. Jika memerlukan bantuan sewa mobil, sewa motor atau paket wisata untuk tour ke Kotagede, anda bisa menghubungi Jogja Wisata. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar